Tuesday 4 December 2012

Pertolongan Pertama Saat HP Terjebur Di Dalam Air


Mungkin sebagian orang sempat mengalami kejadian Handphone mereka terjebur ke dalam air.. Begitu juga dengan saya, beberapa hari kemarin tanpa saya sengaja handphone satu-satunya yang saya miliki terjebur dalam air saat menikmati kenikmatan makan 'durian'.. Bingung dan sedikit panik saya langsung mengambil handphone saya yang terjebur air tadi. Setelah sampai di rumah saya coba mencari – car dan sepantas kilat mencari artikel di internet tips pertolongann pertama handphone yang tercebur dalam air..



setelah browsing sana- sini akhirnya nemu juga di Ghiboo tentang tips dan trik pertolongan pertama saat handphone anda terjebur air. Oke langsung saja Cekidot..berikut beberapa tips pertolongan pertama saat handphone anda terjebur air :
  1. Jika pada saat terjebur air hanphone anda dalam posisi menyala (on) maka segera matikan, dan jangan menunggu terlalu lama, karena air akan dapat memicu konsleting antar sirtkuit elektronik dalam handphone anda.
  2. Begitu selesai mematikan handphone,  Lepas baterai dan lap bagian yang basah hingga kering. Jika memungkinkan, gunakan pengering tambahan seperti hairdryer dengan tenaga paling rendah dan jarak yang tidak terlalu dekat.
  3. Apabila air yang masuk ke ponsel cukup parah, segera lepas casing dan bongkar berbagai komponen yang memungkinkan, seperti sim card dan memori eksternal, lalu keringkan sebisanya. Mungkin sebagaian orang sulit untuk membuka casing handphone karena terdapat baut yang mengunci.
  4. Untuk mengeringkan air yang sudah membasahi komponen di dalam handphone anda  Letakkan ponsel di tempat dengan suhu hangat hingga beberapa saat, misalnya dibawah cahaya lampu. Akan lebih baik jika waktunya ditambah hingga 1 atau 2 hari. Atau bisa di letakkan di bawah terik matahari yang tidak terlalu panas.
  5. Beberapa sumber mengatakan, meletakkan komponen-komponen ponsel Anda di dalam beras akan membantu pengeringan. Hal ini dimungkinkan karena sifat beras yang menyerap dan mengikat molekul air.
Langkah-langkah diatas adalah pertolongan pertama saat kejadian handphone anda terjebur air atau terkena percikan air. Jika cara-cara diatas sudah anda lakukan dan handphone anda tidak berfungsi maka sebaiknya handphone anda di bawa ke service  center terdekat. 

tetapi setelah langkah diatas saya terapkan ke handphone saya yang terjebur air TETAPI masih tidak berhasil... Maknanyer kena tukar yang barulaaa...hehehe (*_*)



- ERMAMIMI BINTI ALIAS -
011-1287 5836
ermamimi84@gmail.com

No comments:

Post a Comment